CopyAMP code

Masih Banyak Kasus Positif, Lampung Utara malah balik ke Zona Oranye

  • Bagikan

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Meskipun masih banyak ditemukan kasus positif Covid-19, namun status Lampung Utara ternyata kembali ke zona oranye terhitung sejak Minggu (24/1/2021). Status zona merah hanya disandang Lampung Utara selama sepekan terakhir.

This is the code for your widget. Copy and paste it into your website. New widgets may take up to 30 minutes before they start displaying properly.

Zona oranye merupakan zona yang penyebarannya berisiko tinggi dan potensi virus tidak terkendali. Sementara zona merah merupakan zona virus tidak terkendali.

“Status Lampung Utara kembali ke zona merah sejak Minggu kemarin,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Utara, Maya Natalia Manan, Selasa (26/1/2021).

Maya menyebutkan, penurunan status dari merah ke oranye itu merupakan wewenang Satuan Tugas Covid-19 pusat. Penilaian itu dilakukan sejak tanggal 18 – 24 Januari. Banyak faktor penilaian yang menjadi pertimbangan perubahan status itu di antaranya tidak terjadinya lonjakan kasus secara signifikan.

“Yang menilai itu Satgas nasional. (Memang kasusnya) masih tinggi tapi tidak melonjak drastis seperti pekan lalu,” jelasnya.

Kendati demikian, Maya mengatakan, perubahan status itu bukanlah bersifat permanen melainkan hanya sementara. Bisa saja status kembali ke merah atau malah turun ke kuning. Semua itu tergantung dengan jumlah kasus yang ditemukan tiap harinya.

“‎Ada kemungkinan berubah ke hijau, kuning ataupun merah,” kata dia.

Status zona merah disematkan pada Lampung Utara sejak tanggal 18 Januari lalu. Kala itu, terjadi kenaikan kasus secara signifikan tiap harinya. 66 kasus positif ditemukan hanya dalam waktu tiga atau empat hari (13-17 Januari).

  • Bagikan